Home » , , » Joss, Gunungkidul Turut Gelar FKY

Joss, Gunungkidul Turut Gelar FKY

Written By Unknown on Friday, August 29, 2014 | 2:01 AM


GUNUNGKIDUL-Gunungkidul juga akan meramaikan sebuah event yang bernama Festival Kesenian Yogyakarya (FKY). Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul akan menggelar kegatan bernama FKY tersebut pada 3-9 September di bekas Terminal Wonosari.
Kabid Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja menyampaikan setiap kabupaten di DIY mendapatkan alokasi untuk mengadakan FKY di masing-masing kabupaten. Gunungkidul pun mengambil kesempatan itu untuk menggelar pentas kesenian.
Kriteria yang dipakai untuk menetukan kesenian yang akan tampil dalam kegiatan itu yakni berbasis orientasi kepada pemirsa. Kesenian yang akan tampil adalah kesenian yang memiliki nilai jual, yang disenangi oleh masyarakat.
“Sekarang ini pecinta seni semakin pandai menilai sehingga mereka semakin tahu kesenian yang baik itu yang seperti apa,” ungkap beliau.
Ajang ini diharapkan bisa menjadi wahana untuk seniman dalam mengekspresiken diri. Selanjutnya, kesenian yang ada di Gunungkidul bisa dilestarikan karena mendapatkan ruang juga waktu untuk tampil.
“Kami juga akan menampilkan kesenian dari luar Gunungkidul. Hal itu bukannya kami tidak menghargai kesenian milik sendiri, namun ada tujuan lain,” tambah dia.
Tujuan yang ia maksud adalah agar masyarakat juga dapat mengapresiasi kesenian dari luar daerah. Kemudian, pelaku seni di Gunungkidul diharapkan semakin termotivasi untuk maju terutama yang belum mendapatkan kesempatan tampil.
“Masing-masing kabupaten mendapatkan alokasi dana Rp1 miliar untuk menggelar FKY ini,” jelas dia.

Sumber : Harjo

0 comments:

Post a Comment