Home » , » Mengenal Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Mengenal Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Written By Unknown on Friday, August 29, 2014 | 4:54 AM


Gunungkidul kaya akan objek wisata salah satunya yang akan kami bahas adalah Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul.


Air Terjun Sri Gethuk memiliki nama lain air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret. Lokasi tersebut sangatlah indah sebab adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis dikelilingi suasana alam desa nan sejuk.

Lokasi tersebut adalah daerah persawahan yang sepanjang tahun belum pernah mengalami kekeringan dan uniknya di sepanjang tahun di sana tanaman padi selalu menghijau silih berganti dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, tidak kesulitan air, seringkali suara angin bertiup akan sangat menghiasi lambaian daun nyiur yang melambai diseputaran lokasi wisata Sri getuk tersebut.

Lokasi kawasan Wisata Air Terjun Sri Gethuk merupakan lokasi yang sangat subur sebab di dukung 3 sumber mata air yang cukup besar memenuhi kebutuhan air, seperti Sumber mata air dong Poh, mata Air Ngandong dan mata Air Ngumbul dengan rata–rata debit 30 s/d 60 ltr/detik, melimpahnya airmembuat lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul, bukan di pegunungan.

Untuk bisa menuju Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk itu dapat berjalan melewati setapak pematang sawah yang sangat asik sebab dapat sambil berpetualang sejauh 450 m kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga, namun bagi wisatawan yang tidak ingin keluarkan keringat ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju tempat air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter di kanan kiri perjalanan kita sampai di lokasi air terjun sri getuk.

Konon menurut cerita legenda, nama slempret sebenarnya adalah asal kata Slompret yang merupakan alat musik tiup. Menurut mitos cerita bahwa lokasi tersebut merupakan tempat atau pusatnya para jin/makhluk halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau bisa di katakan bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang sangat angker dengan nama pimpinan para jin tersebut adalah Jin Anggo Menduro begitulah mitosnya.

Jin Anggo Menduro tersebut merupakan jin yang sangat menyukai berbagai kesenian setempat. Mitosnya hal ini dapat di buktikan di tempat tersebut pada saat–saat tertentu akan terdengar suara atau disebut dengan bahasa jawa pandulon. Konon suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi Padukuhan Menggoran dan sekitarnya seperti berasal dari lokasi air terjun Sri getuk. Namun kalau didekati suara itu akan hilang. Konon juga suara tersebut seperti suara drumband dengan dominan suara slompret (terompet). Oleh karena itulah tempat tersebut dinamai Slompret, lama-lama yang kemudian dikenal dengan Slempret.

Objek Wisata Gunungkidul yakni Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul adalah objek wisata terpadu yang meliputi Wisata Goa Rancang Kencana, Wisata Air Terjun Sri Gethuk, Wisata situs purbakala, dan pemacingan, ada bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa wisata Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh pemuda-pmuda desa setempat. Biayanya, Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, untuk masuk ke objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, anda bisa membeli tiket dengan harga tiketnya Rp3.000,- Sedangkan untuk tarif sewa perahu Rp 5.000,- per orang. Bila ingin bermain air di sungai, anda bisa sewa ban untuk berenang dengan tarif Rp 2.000,-


Demikian sekilas mengenai Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

1 comments: